RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP 1
LEBAKBARANG
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami Al-Qur’an surat
at-Tin
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1. Membaca QS. at-Tin dengan
tartil.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit
( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Dengan pembiasaan siswa dapat membaca surat at-Tin dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan lancar
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Surat at-Tin
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan membaca al-Qur’an.
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi pembimbing teman lainnya.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru mendemonstrasikan bacaan surat at-Tin.
2). Elaborasi
·
Siswa berlatih membacanya dengan metode tutor sebaya.
·
menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam
kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§
Membaca potongan-potongan ayat dalam QS. at-Tin
dengan benar.
§
Membaca keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan
tartil dan benar.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Bacalah surat at-Tin
dengan fasih, kemudian hafalkan!
|
Lebakbarang, 9 Juli 2015
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
SUNARDI, S.Pd, M.Pd
ABROR, S.Pd.I
NIP: 196612101991031011
NIP 19781031 200501 1 002
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP 1
LEBAKBARANG
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami Al-Qur’an surat
at-Tin
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2. Menyebutkan
arti QS at-Tin
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Dengan pembiasaan siswa dapat membaca arti mufradad surat at-Tin, mengartikan surat at-Tin, dan dapat menjelaskan kandungan ayat surat at-Tin.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Arti mufradad surat at-Tin
- Arti surat at-Tin
- Kandungan ayat surat at-Tin
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru mendemonstrasikan bacaan surat QS at-Tin.
2). Elaborasi
·
Siswa membaca arti mufradad.
·
Siswa berlatih mengartikan ayat demi ayat berdasarkan
arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan .
·
menyampaikan kesulitan yang dialami kepada guru, guru
bertindak sebagai fasilitator.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Mengartikan
masing-masing kata dalam QS. at-Tin dengan benar.
§ Mengartikan
masing-masing ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
§ Mengartikan keseluruhan
ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes
isian
|
1.
Lafaz وطور سينين
artinya ....
2.
Lafaz لقد خلقنا
artinya ....
3.
Lafaz أحسن تقويم
artinya ....
4.
Tulislah arti surat at-Tin ayat 4!
5.
Tulislah arti surat at-Tin ayat 8!
|
Kunci Jawaban :
1. Dan demi
gunung Sinai
2. Sungguh
Allah telah menciptakan
3. Dalam
bentuk yang sebaik-baiknya
4. Sungguh
kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya
5. Bukankah
Allah hakim yang paling adil
Lebakbarang, 9 Juli 2015
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
SUNARDI, S.Pd, M.Pd
ABROR, S.Pd.I
NIP: 196612101991031011
NIP 19781031 200501 1 002
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP 1
LEBAKBARANG
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami Al-Qur’an surat
at-Tin
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.3.
Menjelaskan makna QS. at-Tin.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit
( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Dengan memperhatikan penjelasan guru siswa dapat Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- makna QS. at-Tin.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar.
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan makna Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin.
2). Elaborasi
·
Siswa membaca dan mengkaji buku-buku tafsir untuk
memahami makna QS. at-Tin.
·
Menjelaskan
pesan-pesan pokok dari QS. at-Tin.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS.
at-Tin dengan benar.
·
Menjelaskan pesan-pesan pokok dari QS. at-Tin.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes
isian
|
·
jelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin
dengan benar.
·
jelaskan pesan-pesan pokok dari QS. at-Tin.
|
Bentuk
Instrumen
·
Lembar penilaian diri /skala sikap
Instrumen
Soal
|
Pernyataan
|
Selalu
|
Sering
|
Jarang
|
Tidak Pernah
|
Skor 0
|
Skor 1
|
Skor 2
|
Skor 3
|
||
1
|
Saya
melaksanakan perintah orang tua kalau diberi hadiah
|
|
|
|
|
2
|
Ketika ulangan
saya berusaha agar mendapat nilai bagus walaupun harus menyontek
|
|
|
|
|
3
|
Ketika
teman-teman merokok saya ikut-ikutan
|
|
|
|
|
4
|
Saya tidak usah
berusaha karena kaya dan miskin sudah menjadi takdir Allah SWT
|
|
|
|
|
5
|
Saya telat
membayar uang sekolah karena saya menerapkan sikap sabar
|
|
|
|
|
Lebakbarang, 9 Juli 2015
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
SUNARDI, S.Pd, M.Pd
ABROR, S.Pd.I
NIP: 196612101991031011
NIP 19781031 200501 1 002
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP 1
LEBAKBARANG
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Memahami Ajaran Al – Hadits
tentang menuntut ilmu
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.1. Membaca hadits tentang
menuntut ilmu
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit
( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Dengan pembiasaan siswa dapat membaca hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan lancar
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Hadits tentang menuntut ilmu dengan fasih
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru mendemonstrasikan bacaan hadits tentang menuntut
ilmu dengan fasih.
2). Elaborasi
·
Siswa berlatih membacanya dengan metode tutir sebaya.
·
menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam
kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Membaca setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang
menuntut ilmu dengan benar.
·
Membaca keseluruhan al-Hadits tentang menuntut ilmu
dengan benar.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes
isian
|
Bacalah hadits tentang menuntut ilmu dengan
fasih dengan fasih, kemudian hafalkan!
|
Lebakbarang, 14 Juli 2014
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
IPUNG SUNARYO, S.Pd
ABROR, S.Pd.I
NIP: 197108191994121002 NIP 19781031 200501
1 002
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP 1
LEBAKBARANG
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Memahami Ajaran Al – Hadits
tentang menuntut ilmu
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.2. Menyebutkan
arti hadits tentang menuntut ilmu
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Dengan pembiasaan siswa dapat membaca arti mufradad hadits tentang menuntut ilmu, mengartikan hadits tentang menuntut ilmu, dan dapat menjelaskan kandungan hadits tentang menuntut ilmu.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Arti mufradad hadits tentang menuntut ilmu
- Arti surat hadits tentang menuntut ilmu
- Kandungan hadits tentang menuntut ilmu
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru menjelaskan kandungan hadits tentang menuntut ilmu.
2). Elaborasi
·
Siswa membaca arti mufradad.
·
Siswa berlatih mengartikan hadits tentang menuntut
ilmu berdasarkan arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan
.
3) Konfirmasi
·
menyampaikan kesulitan yang dialami kepada guru, guru bertindak
sebagai fasilitator.
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umu
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Mengartikan setiap kata yang ada dalam al-Hadits
tentang menuntut ilmu dengan benar.
·
Mengartikan keseluruhan al-Hadits tentang menuntut
ilmu dengan benar.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes
isian
|
·
Lafaz النظافة artinya ....
·
Lafaz من الإيمان
artinya ....
·
Lafaz نظيف
artinya ....
·
Tulislah arti hadits tentang menuntut ilmu yang
menyatakanbahwa menuntut ilmu itu sebagian dai iman!
·
Tulislah artinya!
|
Lebakbarang, 9 Juli 2015
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
SUNARDI, S.Pd, M.Pd
ABROR, S.Pd.I
NIP: 196612101991031011
NIP 19781031 200501 1 002
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP 1
LEBAKBARANG
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Memahami al-Hadits tentang
menuntut ilmu
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.3. Menyebutkan
hadits tentang menuntut ilmu
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
Dengan
emonstrasi siswa dapat
mensimulasikan sikap berserah menjaga menuntut ilmu serta membiasakannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Materi
Pembelajaran
- Sikap menjaga menuntut ilmu.
- Pembiasaan diri menjaga menuntut ilmu.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai makna kandungan hadits tentang menuntut ilmu.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru menjelaskan Sikap menjaga menuntut ilmu.
2). Elaborasi
·
Siswa melakukan kegiatan pembiasaan berserah diri
dalam setiap aktifitas belajar maupun pekerjaan yang lain.
·
Siswa melaporkankegiatannya.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX , Penerbit
Umum
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Menjelaskan makna yang terkandung dalam al-Hadits
tentang menuntut ilmu.
·
Menjelaskan arti menuntut ilmu seperti yang
terkandung dalam al-Hadits.
·
Menjelaskan prinsip-prinsip menuntut ilmu seperti
terdapat dalam al-Hadits.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes
isian
|
·
jelaskan makna yang terkandung dalam al-Hadits
tentang menuntut ilmu.
·
Jelaskan arti menuntut ilmu seperti yang terkandung
dalam al-Hadits.
·
jelaskan prinsip-prinsip menuntut ilmu seperti
terdapat dalam al-Hadits.
|
Bentuk
Instrumen
·
Lembar penilaian diri
skala sikap
Instrumen
Soal
|
Pernyataan
|
Selalu
|
Sering
|
Jarang
|
Tidak Pernah
|
Skor 0
|
Skor 1
|
Skor 2
|
Skor 3
|
||
1
|
Saya memakai
pakaian yang bersih dan rapi
|
|
|
|
|
2
|
Ketika akan
shalat saya pasti wudu dan menggunakan pakaian yang suci
|
|
|
|
|
3
|
Saya mandi
sehari paling tidak dua kali
|
|
|
|
|
4
|
Saya memotong
kuku seminggu sekali
|
|
|
|
|
5
|
Ketika melihat
sampah yang tercecer saya buang di tempat sampah.
|
|
|
|
|
Lebakbarang, 9 Juli 2015
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
SUNARDI, S.Pd, M.Pd
ABROR, S.Pd.I
NIP: 196612101991031011
NIP 19781031 200501 1 002
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP 1
LEBAKBARANG
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Meningkatkan keimanan kepada
Hari Akhir
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1. Menjelaskan pengertian
beriman kepada Hari Akhir
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Dengan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengimani hari akhir, menjelasakan kehidupan dunia hanya sementara, serta menjelaskan fungsinya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian iman kepada hari akhir
- Kehidupan dunia yang bersifat sementara
- Fungsi beriman kepada hari akhir dalam kehidupan
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya memahami iman kepada hari akhir.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group).
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru memberikan gambaran mengenai dhsyatnya hari akhir.
2). Elaborasi
- Siswa berlatih membaca dalil naqli mengenai hari akhir dengan metode .
- Siswa berdiskusi tentang kehidupan dunia yang hanya sementara.
3) Konfirmasi
- Siswa menelaah lebih mendalam mengenai fungsi beriman kepada hari akhir..
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Menjelaskan pengertian hari akhir.
·
Menjelaskan nama-nama hari akhir.
·
Menjelaskan berbagai peristiwa terkait dengan hari
akhir.
·
Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir
·
Menjelaskan hikmah beriman kepada hari akhir.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
·
Jelaskan pengertian iman kepada hari akhirl!
·
Ceritakan kejadian hari akhir!
·
Tulislah ayat tentang hari akhir!
·
Jelaskan tanda-tanda hari akhir!
·
Jelasakan fungsi beriman kepada hari akhir!
|
Lebakbarang, 9 Juli 2015
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
SUNARDI, S.Pd, M.Pd
ABROR, S.Pd.I
NIP: 196612101991031011
NIP 19781031 200501 1 002
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP 1
LEBAKBARANG
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Meningkatkan keimanan kepada
Hari Akhir
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.2. Menyebutkan ayat
Al-Qur’an yang berkaitan dengan hari Akhir
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Dengan diskusi siswa dapat membaca dan mengartikan dalil naqli dan aqli tentang hari akhir dan adanya pembalasan amal baik dan buruk manusia.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Materi
Pembelajaran
- Dalil naqli dan aqli tentang hari akhir
- Dalil naqli tentang adanya pembalasan amal baik dan buruk manusia
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Aprsepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya mengartikan dalil naqli dan aqli tentang hari akhir.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru mendemonstrasikan ayat-ayat yang berhubungan dengan ahri akhir.
2). Elaborasi
- Siswa berlatih membaca dan mengartikan dengan metode .
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
- Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menegaskan iman
kepada hari akhir.
·
Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan
tanda-tanda datangnya hari akhir.
·
Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan berbagai
peristiwa yang terjadi pada hari akhir.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
·
Sebutkan ayat-ayat al-Quran yang menegaskan iman
kepada hari akhir.
·
Sebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan
tanda-tanda datangnya hari akhir.
·
Sebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan
berbagai peristiwa yang terjadi pada hari akhir.
|
Lebakbarang, 9 Juli 2015
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
SUNARDI, S.Pd, M.Pd
ABROR, S.Pd.I
NIP: 196612101991031011
NIP 19781031 200501 1 002
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP 1
LEBAKBARANG
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Meningkatkan keimanan kepada
Hari Akhir
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.3. Menampilkan sikap mencintai
Al-Qur’an sebagai Kitab Allah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Dengan penugasan dari guru siswa membiasakan diri tadarus al-Qur'an dan berperilaku yang sesuai dengan ajaran al-Qur'an.
Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Materi
Pembelajaran
- Tadarus al-Qur'an
- Perilaku yang sesuai dengan ajaran al-Qur'an
Metode
Pembelajaran
- Penugasan
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Aprsepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya sikap mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah kegiatan tadarus al-Quran.
2). Elaborasi
- Siswa melakaukan kegiatan tadarus di rumah selama satu minggu.
- Siswa mendeskripsikan kesan-kesannya.
3) Konfirmasi
- Siswa melaporkan hasil kegiatannya secara tertulis.
Kegiatan
Penutup
- Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Menjelaskan pengertian kiamat sughra dan
tanda-tandanya seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
·
Menjelaskan pengertian kiamat kubra dan
tanda-tandanya seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
·
Menjelaskan proses kejadian kiamat sughra dan kubra
seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
·
jelaskan pengertian kiamat sughra dan tanda-tandanya
seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
·
jelaskan pengertian kiamat kubra dan tanda-tandanya
seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
·
jelaskan proses kejadian kiamat sughra dan kubra
seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
|
Lebakbarang, 9 Juli 2015
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
SUNARDI, S.Pd, M.Pd
ABROR, S.Pd.I
NIP: 196612101991031011
NIP 19781031 200501 1 002
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP 1
LEBAKBARANG
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Membiasakan perilaku
terpuji
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.1. Menjelaskan pengertian
tasamuh
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Dengan tanya jawab siswa dapat menjelaskan tasamuh, membaca dan mengartikan dalil naqlinya, serta menjelaskan fungsinya dalam kehidupan.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian tasamuh
- Dalil naqli tentang tasamuh
- Fungsi tasamuh dalam kehidupan
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya berakhlak mulia.
- Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group)
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian tasamuh.
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam mengenai tasamuh.
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang tasamuh dengan metode .
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Menjelaskan pengertian qana'ah dan menyebutkan
dalilnya.
·
Menjelaskan pengertian tasamuh dan menyebutkan
dalilnya.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
·
Jelaskan pengertian qanaah!
·
Jelakan pengertian tasamuh!
·
Jelaskan ciri-ciri qana’ah!
·
Apakah fungsi qanaah?
·
Tulislah dalil naqli tentang tasamuh!
|
Lebakbarang, 9 Juli 2015
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
SUNARDI, S.Pd, M.Pd
ABROR, S.Pd.I
NIP: 196612101991031011
NIP 19781031 200501 1 002
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP 1
LEBAKBARANG
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Membiasakan perilaku
terpuji
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.2. Menampilkan contoh
perilaku tasamuh
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh perilaku tasamuh dalam kehidupan dan menyukainya.
Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Contoh-contoh perilaku tasamuh dalam kehidupan.
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- Penugasan
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai indahnya berakhlak mulia.
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berdiskusi untuk mencari contoh-contoh nyata perilaku tasamuh dalam kehidupan.
3) Konfirmasi
- Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Menunjukkan contoh-contoh perilaku qana’ah dalam
kehidupan sehari-hari.
·
Menunjukkan contoh-contoh perilaku tasamuh dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
·
Ceritakan contoh penerapan qana’ah!
·
Ceritakan contoh penerapan tasamuh!
|
Lebakbarang, 9 Juli 2015
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
SUNARDI, S.Pd, M.Pd
ABROR, S.Pd.I
NIP: 196612101991031011
NIP 19781031 200501 1 002
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP 1
LEBAKBARANG
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Membiasakan perilaku
terpuji
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.3. Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat membiasakan diri berperilaku tasamuh dalam kehidupan serta merasakan manfaatnya.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Pembiasaan perilaku tasamuh dalam kehidupan
- Manfaat berperilaku tasamuh dalam kehidupan
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Modeling
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai indahnya berakhlak mulia.
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa melakukan simulasi perilaku tasamuh.
3) Konfirmasi
- Siswa menuliskan kesan-kesannya.
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam
lingkungan keluarga.
·
Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam
lingkungan sekolah.
·
Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam
lingkungan masyarakat.
|
Tes tertulis
|
Tes simulasi
|
·
Simulasikan sikap anak yang toleran terhadap
kawannya yang bukan muslim!
|
Lebakbarang, 9 Juli 2015
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
SUNARDI, S.Pd, M.Pd
ABROR, S.Pd.I
NIP: 196612101991031011
NIP 19781031 200501 1 002
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP 1
LEBAKBARANG
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
5. Memahami hukum Islam
tentang penyembelihan hewan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
5.1. Menjelaskan tatacara penyembelihan
hewan
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan pengertian, syarat-syarat, hal-hal yang makruh, dalil naqli, dan tatacara penyembelihan hewan.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian penyembelihan hewan
- Syarat-syarat penyembelihan.
- Dalil naqli tentang penyembelihan hewan.
- Hal-hal yang makruh dalam menyembelih.
- Tatacara menyembelih hewan.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya menghindari akhlak tercela.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian zakat, macam-macam zakat, waktu pelaksanaan zakat fitrah dan besarnya zakat fitrah
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam menganai Jenis-jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya serta Nisab zakat mal
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Menjelaskan pengertian penyembelihan hewan dan dasar
hukumnya.
·
Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan yang baik
dan benar.
·
Menunjukkan dalil naqli terkait dengan penyembelihan
hewan.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
·
Apa dasar hukum dilakukannya penyembelihan hewan?
·
Jelaskan secara singkat tentang tata cara
penyembelihan hewan yang benar menurut hukum Islam!
·
Carilah ayat-ayat al-Quran yang terkait dengan
penyembelihan hewan lalu tuliskan dalam buku kerja kalian!
|
Lebakbarang, 9 Juli 2015
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
SUNARDI, S.Pd, M.Pd
ABROR, S.Pd.I
NIP: 196612101991031011
NIP 19781031 200501 1 002
Saran Kepala Sekolah :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP 1
LEBAKBARANG
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
5. Memahami hukum Islam
tentang penyembelihan hewan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
5.2. Menjelaskan ketentuan
aqiqah dan qurban
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelasakan ketentuan aqiqah dan qurban.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian qurban.
- Dalil naqli hukum pelaksanaan qurban..
- Waktu pelaksanaan qurban.
- Ketentuan hewan qurban
- Pembagian daging qurban.
- Pengertian aqiqah
- Dalil naqli hukum pelaksanaan aqiqah.
- Waktu pelaksanaan aqiqah.
- Ketentuan hewan aqiqah.
- Pembagian daging aqiqah.
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas diskusi yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berdiskusi untuk mencari perbedaan zakat fitrah dan mal.
3) Konfirmasi
- Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
¨
Menjelaskan pengertian aqiqah dan qurban serta dasar
hukumnya.
¨
Menjelaskan syarat-syarat aqiqah dan qurban.
¨
Menjelaskan perbedaan antara aqiqah dan qurban.
¨
Menyebutkan dalil naqli terkait dengan aqiqah dan
qurban
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
¨
Apa yang dimaksud dengan qurban?
¨
Sebutkan syara-syarat hewan untuk aqiqah dan qurban!
¨
Jelaskan perbedaan antara aqiqah dan qurban!
¨
Carilah ayat-ayat al-Quran terkait
|
Lebakbarang, 9 Juli 2015
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
SUNARDI, S.Pd, M.Pd
ABROR, S.Pd.I
NIP: 196612101991031011
NIP 19781031 200501 1 002
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP 1
LEBAKBARANG
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
5. Memahami hukum Islam
tentang penyembelihan hewan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
5.3. Memperagakan cara
penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat memperagakan cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Doa/lafaz sebelum menyembelih binatang.
- Praktik cara menyembelih binatang qurban dan aqiqah.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban.
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang orang-orang yang berhak menerima zakat.
- Siswa mengklasifikasi danmenjelasakan orang-orang yang berhak menerima zakat.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
Mushaf Al-Quran
·
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
¨
Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan aqiqah dan
qurban.
¨
Memperagakan penyembelihan hewan aqiqah dan qurban
di depan kelas.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
¨
Jelaskan tatacara penyembelihan hewan aqiqah dan
qurban!
¨
Peragakan cara penyembelihan hewan qurban dan aqiqah
di hadapan teman-teman kalian!
|
Lebakbarang, 9 Juli 2015
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
SUNARDI, S.Pd, M.Pd
ABROR, S.Pd.I
NIP: 196612101991031011
NIP 19781031 200501 1 002
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP 1 LEBAKBARANG
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
6. Memahami hukum Islam
tentang Haji dan Umrah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
6.1. Menyebutkan pengertian
dan ketentuan haji dan umrah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat mamahami ketentuan haji dan umrah.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian haji dan umrah.
- Dalil naqli tentang haji dan umrah.
- Hukum melaksanakan ibdah haji dan umrah.
- Syarat-syarat haji dan umrah.
- Rukun haji dan umrah.
- Wajib haji dan umrah.
- Sunah haji dan umrah
- Larangan bagi orang yang melaksanakan haji dan umrah.
- Dam dalam haji dan umrah.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya menghindari akhlak tercela.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian zakat, macam-macam zakat, waktu pelaksanaan zakat fitrah dan besarnya zakat fitrah
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam menganai Jenis-jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya serta Nisab zakat mal
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
¨
Menjelaskan pengertian haji dan umrah serta dasar
hukumnya.
¨
Menjelaskan syarat-syarat haji dan umrah.
¨
Menjelaskan rukun dan wajib haji serta perbedaan
antara keduanya.
¨
Menjelaskan rukun umrah.
¨
Menjelaskan sunnah haji dan umrah.
¨
Menjelaskan larangan-larangan pada waktu
melaksanakan ibadah haji dan umrah.
¨
Menunjukkan dalil naqli terkait dengan ibadah haji
dan umrah.
¨
Menjelaskan hikmah dan fungsi ibadah haji dan umrah.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
¨
Jelaskan apa yang dimaksud dengan haji dan umrah!
¨
Sebutkan syarat-syarat haji dan umrah!
¨
Jelaskan perbedaan antara
¨
Jelaskan rukun-rukun umrah yang kalian ketahui!
¨
Sebutkan beberapa sunnah haji dan umrah!
¨
Sebutkan dua macam larangan yang dilkukan pada waktu
melaksanakan ibadah haji!
¨
Carilah dalil naqli baik dari ayat-ayat al-Quran
maupun hadits terkait dengan ibadah haji dan umrah lalu tuliskan dalam buku
kerja kalian!
¨
Cobalah kalian lakukan identifikasi tentang hikmah
dan fungsi ibadah haji dan umrah terkait dengan perilaku kita sehari-hari!
|
Lebakbarang, 9 Juli 2015
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
SUNARDI, S.Pd, M.Pd
ABROR, S.Pd.I
NIP: 196612101991031011
NIP 19781031 200501 1 002
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP 1
LEBAKBARANG
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
6. Memahami hukum Islam
tentang Haji dan Umrah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
6.2. Memperagakan pelaksanaan ibadah
haji dan umrah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kemanusiaan ( Humanity
)
Materi
Pembelajaran
- Bentuk-bentuk pelaksanakan ibadah haji dan umrah
- Manasik haji dan umrah
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas diskusi yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berdiskusi untuk mencari perbedaan zakat fitrah dan mal.
3) Konfirmasi
- Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
¨
Menjelaskan bentuk-bentuk pelaksanaan ibadah haji
dan umrah.
¨
Menjelaskan tatacara pelaksanaan ibadah haji dan
umrah.
¨
Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah
dengan melakukan manasik haji di sekolah.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
1. Pelaksanaan ibadah haji dengan mendahulukan umrah atas haji
disebut...
a. haji tamattu’
b. haji qiran
c. haji ifrad
d. haji wada’
2. Jelaskan dengan singkat urutan-urutan pelaksanaan ibadah haji dan
umrah!
3. Peragakan pelaksanaan tawaf yang benar lengkap dengan bacaannya!
|
Lebakbarang, 9 Juli 2015
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
SUNARDI, S.Pd, M.Pd
ABROR, S.Pd.I
NIP: 196612101991031011
NIP 19781031 200501 1 002
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP 1
LEBAKBARANG
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
7. Memahami sejarah
perkembangan Islam di Nusantara
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
7.1. Menceritakan sejarah
masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kebangsaan (cityzenship )
Materi
Pembelajaran
- Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan.
- Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui kegiatan sosial.
- Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pengajaran.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya kerja keras seperti yang dilakukan Nabi.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun kegiatan perekonomian
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam mengenai sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun sistem perdagangan yang menjunjung nilai-nilai kejujuran.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1.
Menceritakan sejarah masuknya Islam di
Nusantara melalui perdagangan.
2.
Menceritakan sejarah masuknya Islam di
Nusantara melalui hubungan sosial.
3. Menceritakan
sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pendidikan dan pengajaran.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
1. Ceritakan dengan singkat sejarah masuknya Islam di Nusantara
melalui perdagangan!
2. Jelaskan dengan singkat sejarah masuknya Islam di Nusantara
melalui hubungan sosial!
3. Jelaskan dengan singkat sejarah masuknya Islam di Nusantara
melalui pendidikan dan perdagangan!
|
Lebakbarang, 9 Juli 2015
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
SUNARDI, S.Pd, M.Pd
ABROR, S.Pd.I
NIP: 196612101991031011
NIP 19781031 200501 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP 1
LEBAKBARANG
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
7. Memahami sejarah
perkembangan Islam di Nusantara
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
7.2. Menceritakan sejarah beberapa
kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 X 40 menit ( 2 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Dengan CTL siswa dapat menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi.
Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely)
Kebangsaan (cityzenship )
Materi
Pembelajaran
- Sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa
- Sejarah beberapa kerajaan Islam di Sumatera
- Sejarah beberapa kerajaan Islam di Sulawesi
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Siswa menyaksikan VCD sejarah hijrah nabi ke Madinah dan perjuangan Nabi dan para sahabat periode Madinah.
2). Elaborasi
- Siswa menyusun sinopsis.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
- Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
- Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX , Penerbit
Umum
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
1.
Menceritakan beberapa kerajaan Islam di
Jawa.
2.
Menceritakan beberapa kerajaan Islam di
Sumatera.
3.
Menceritakan beberapa kerajaan Islam di
Sulawesi.
4. Menceritakan
beberapa kerajaan Islam di luar Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1. Dua di antara kerajaan Islam yang ada di Jawa pada masa lalu
adalah ... dan ...
2. Jelaskan bagaimana akhir pemerintahan kerajaan Samudera Pasai di
Sumatera!
3. Sebutkan beberapa kerajaan Islam yang pernah berkembang di
Sulawesi!
4. Sebutkan 3 nama wali songo
|
Kunci Jawaban:
1.
Demak,
Panjang, Mataram, Banten
2.
Dengan
pimpinan Sultan Al Malikuz zahir 2 terkenal sebagai kota pelabuhan dan pusat
ilmu agama.
3.
Goa,
Sukadana, Ternate
4.
Menyesuaikan
Lebakbarang, 9 Juli 2015
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
SUNARDI, S.Pd, M.Pd
ABROR, S.Pd.I
NIP: 196612101991031011
NIP 19781031 200501 1 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar