SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP 1
Lebakbarang
Kelas : IX
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 1
Standar Kompetensi (Al-Quran dan Al-Hadits): 1. Memahami ajaran al- Quran surat at-Tin.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
1.1 Membaca QS. at-Tin dengan
tartil.
|
Al-Quran Surat at-Tin
|
1.
Siswa membaca al-Quran surat
at-Tin dengan tartil dan benar di bawah pengawasan gurunya.
|
1. Membaca potongan-potongan ayat
dalam QS. at-Tin dengan benar.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
1.
Bacalah ayat 1 dan 2 dari surat
at-Tin dengan tartil dan benar!
|
2 x 40 menit
|
A,B,X
|
|
2.
Membaca keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan tartil dan benar.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
1.
Bacalah keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan tartil dan benar!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
||||||||
1.2 Menyebutkan arti QS. at-Tin.
|
2.
Siswa memelajari arti QS. at-Tin dan berusaha menghafalkan-nya.
|
1. Mengartikan masing-masing kata
dalam QS. at-Tin dengan benar.
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1.
Makna potongan ayat “أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ” dari QS. at-Tin yang paling
tepat di bawah ini adalah:
a. sebaik-baik akhlak
b. sebaik-baik makhluk
c. sebaik-baik penciptaan
d. sebaik-baik bentuk
|
2 x 40 menit
|
A,B,X
|
||
2.
Mengartikan masing-masing ayat
dalam QS. at-Tin dengan benar.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1.
Tulislah ayat 4 dari QS. at-Tin dengan benar lengkap dengan terjemahnya!
|
||||||
3.
Mengartikan keseluruhan ayat dalam QS.
at-Tin dengan benar.
|
Penugasan
|
Pekerjaan rumah
|
1.
Tulislah surat
at-Tin ayat demi ayat dengan benar lengkap dengan terjemahnya!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
||||||||
1.3 Menjelaskan makna QS. at-Tin.
UH 1
|
3.
Siswa membaca dan mengkaji buku-buku tafsir untuk memahami makna QS. at-Tin.
|
1. Menjelaskan makna setiap ayat
yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar.
|
Kuis
|
Pertanyaan singkat
|
1.
Apa yang dimaksud “الْبَلَدِ الْأَمِينِ” dalam ayat 3 dari surat at-Tin?
|
1 x 40 menit
|
A,B
|
||
2.
Menjelaskan pesan-pesan pokok dari QS. at-Tin.
|
Tes lisan
|
Uraian singkat
|
1.
Sebutkan beberapa makna pokok yang terkandung dalam surat at-Tin!
|
1x40 menit
|
|||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
Mengetahui
Kepala
SMP 1 Lebakbarang
IPUNG SUNARYO, S.Pd
NIP:
197108191994121002
|
Lebak
Barang, 14 Juli
2014
Guru
Mata Pelajaran
ABROR, S.Pd.I
NIP:
197810312005011002
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP 1
Lebakbarang
Kelas : IX
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 1
Standar Kompetensi (Al-Quran dan Al-Hadits): 2. Memahami ajaran al-Hadits tentang menuntut ilmu.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
Membaca al-Hadits
tentang menuntut ilmu.
|
Al-Hadits tentang
menuntut ilmu
|
1.
Siswa membaca al-Hadits tentang menuntut ilmu
dengan pelan-pelan dan benar di bawah bimbingan gurunya.
|
1.
Membaca setiap kata yang ada dalam al-Hadits
tentang menuntut ilmu dengan benar.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
1.
Bacalah setiap kata yang ada dalam hadits tentang menuntut ilmu dengan benar!
|
2 x 40 menit
|
D,E,F,X
|
|
2. Membaca keseluruhan al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
1. Bacalah hadits tentang
menuntut ilmu dengan benar!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
||||||||
2.2 Menyebutkan arti al-Hadits
tentang menuntut ilmu.
|
2. Siswa memelajari arti al-Hadits tentang menuntut ilmu dan berusaha menghafalkan-nya.
|
1. Mengartikan
setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang
menuntut ilmu dengan benar.
|
Kuis
|
Jawaban singkat
|
1.
Sebutkan tiga kata pokok dalam hadits tentang menuntut ilmu dan terjemahnya!
|
2 x 40 menit
|
D,E,F,X
|
||
2.
Mengartikan keseluruhan al-Hadits tentang
menuntut ilmu dengan benar.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1.
Terjemahkan hadits tentang menuntut ilmu dengan lengkap ke dalam bahasa Indonesia!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
||||||||
2.3 Menjelaskan makna menuntut ilmu
seperti dalam al-Hadits.
|
3. Siswa membaca dan menelaah buku-buku hadits
untuk mengetahui makna menuntut ilmu yang benar.
|
1. Menjelaskan makna yang terkandung dalam al-Hadits
tentang menuntut ilmu.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Jelaskan kandungan pokok yang terdapat dalam
hadits tentang menuntut ilmu!
|
2 x 40 menit
|
D,E,F,X
|
||
2. Menjelaskan arti
menuntut ilmu seperti yang terkandung dalam al-Hadits.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
1.
Apa yang dimaksud menuntut ilmu sebagaimana terkandung dalam hadits Nabi
Muhammad Saw.?
|
||||||
3.
Menjelaskan prinsip-prinsip menuntut ilmu seperti terdapat dalam
al-Hadits.
|
Kuis
|
Jawaban singkat
|
1.
Sebutkan prinsip-prinsip pokok yang terkandung dalam hadits tentang menuntut
ilmu!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage )
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP 1
Lebakbarang
Kelas : IX
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 1
Standar Kompetensi (Aqidah): 3. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
3.1
Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir.
|
Iman kepada hari akhir
|
1.
Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan iman
kepada hari akhir dengan benar.
|
1.
Menjelaskan pengertian hari akhir.
|
Tes lisan
|
Isian
|
1.
Hari yang terjadi setelah hancurnya alam dunia ini disebut ...
|
2 x 40 menit
|
H,I,J,K,L,M,X
|
|
2. Menjelaskan
nama-nama hari akhir.
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1. Berikut ini yang tidak termasuk nama-nama
hari akhir adalah:
a. yaumul hisab
b. yaumul qiyamah
c. yaumul ba’ts
d. yaumul harb
|
||||||
3. Menjelaskan
berbagai peristiwa terkait dengan hari akhir.
|
Tes tulis
|
Uraian singkat
|
1.
Jelaskan terjadinya peristiwa berkumpulnya manusia di Padang Mahsyar pada
hari akhir nanti!
|
||||||
4. Menjelaskan
pengertian beriman kepada hari akhir
|
Tes tulis
|
Essay
|
1. Apa yang dimaksud dengan beriman kepada hari akhir!
|
||||||
5. Menjelaskan hikmah beriman kepada hari
akhir.
|
Penugasan
|
Pekerjaan rumah
|
1.
Diskusikan di rumah bersama teman-temanmu tentang hikmah beriman kepada hari
akhir lalu laporkan hasilnya secara tertulis!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
|
||||||||
3.2
Menyebutkan ayat al-Quran yang berkaitan dengan hari akhir.
|
2. Siswa mencari ayat-ayat al-Quran yang terkait
dengan iman kepada hari akhir dan menyebutkan-nya.
|
1. Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menegaskan iman kepada hari akhir.
|
Penugasan
|
Proyek
|
1.
Carilah ayat-ayat al-Quran yang terkait dengan iman kepada hari kiamat lalu
tulislah dalam buku kerja kalian dan serahkan kepada guru kalian!
|
2 x 40 menit
|
H,I,J,K,L,M,X
|
||
2. Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan tanda-tanda datangnya
hari akhir.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
1.
Sebutkan satu ayat al-Quran yang menjelaskan tanda-tanda datangnya hari
akhir!
|
||||||
3.
Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan berbagai peristiwa
yang terjadi pada hari akhir.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
1.
Sebutkan satu ayat al-Quran yang menegaskan terjadinya perhitungan amal
manusia di hari akhir nanti!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
|
||||||||
3.3 Menceritakan proses kejadian
kiamat sughra dan kubra seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
|
3.
Siswa membaca berbagai literatur yang menjelaskan kejadian kiamat
sughra dan kubra.
|
1. Menjelaskan pengertian kiamat
sughra dan tanda-tandanya seperti terkandung dalam al-Quran dan
al-Hadits.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1.
Jelaskan perbedaan antara kiamat sughra dan kiamat kubra!
|
2 x 40 menit
|
H,I,J,K,L,M,X
|
||
2.
Menjelaskan pengertian kiamat kubra dan tanda-tandanya seperti
terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits
.
|
Tes tulis
|
Essay
|
1.
Bagaimana penjelasan al-Quran mengenai kiamat sughra dan kiamat kubra?
|
||||||
3. Menjelaskan proses kejadian kiamat sughra
dan kubra seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
|
Tes tulis
|
Essay
|
1.
Bagaimana proses kejadian kiamat kubra sebagaimana dijelaskan dalam al-Quran?
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
|
Mengetahui
Kepala
SMP 1 Lebakbarang
IPUNG SUNARYO, S.Pd
NIP:
197108191994121002
|
Lebak
Barang, 14 Juli
2014
Guru
Mata Pelajaran
ABROR, S.Pd.I
NIP:
197810312005011002
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP 1
Lebakbarang
Kelas : IX
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 1
Standar Kompetensi (Akhlak): 4. Membiasakan perilaku
terpuji.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
4.1 Menjelaskan pengertian qana'ah
dan tasamuh.
|
Perilaku
terpuji (qana'ah dan tasamuh)
|
1. Siswa membaca dan
mengkaji literatur untuk menemukan konsep yang benar tentang qana'ah dan
tasamuh.
|
1. Menjelaskan pengertian qana'ah dan menyebutkan dalilnya.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1. Apa yang dimaksud
dengan qana’ah!
|
2 x 40 menit
|
N,O,P,Q,X
|
|
2.
Menjelaskan pengertian tasamuh dan menyebutkan dalilnya.
|
Tes tulis
|
Essay
|
1.
Apa yang dimaksud dengan tasamuh terkait dengan kehidupan umat beragama di Indonesia!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
|
||||||||
4.2 Menampilkan contoh perilaku qana'ah dan tasamuh.
|
2.
Siswa mengidentifikasi berbagai aktivitas di masyarakat yang mencerminkan
contoh perilaku qana'ah dan
tasamuh.
|
1.
Menunjukkan contoh-contoh perilaku qana’ah dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
1.
Cobalah kalian identifikasi berbagai contoh aktivitas sehari-hari yang menunjukkan perilaku
qana’ah!
|
2 x 40 menit
|
N,O,P,Q,X
|
||
2. Menunjukkan contoh-contoh perilaku tasamuh
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
1.
Berilah contoh perilaku tasamuh yang dapat kalian amati dalam kehidupan
sehari-hari di lingkungan kalian!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
|
||||||||
4.3 Membiasakan perilaku qana'ah dan
tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.
Siswa berusaha membiasakan perilaku qanaah dan tasamuh di sekolah bersama
teman-temannya.
|
1.
Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh
dalam lingkungan keluarga.
|
Penugsan
|
Proyek
|
1.
Ceritakan bagaimana kalian berusaha membiasakan perilaku tasamuh di tengah
keluarga!
|
2 x 40 menit
|
N,O,P,Q,X
|
||
2.
Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh
dalam lingkungan sekolah.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1.
Apa bentuk perilaku qana’ah yang sudah kalian terapkan di sekolah?
|
||||||
3. Membiasakan perilaku qana'ah dan
tasamuh dalam lingkungan
masyarakat.
|
Tes tulis
|
Essay
|
1.
Bagaimanakah kalian membiasakan sikap tasamuh di tengah masyarakat?
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty ) Integritas ( integrity ) Peduli ( caring ) Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP 1
Lebakbarang
Kelas : IX
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 1
Standar Kompetensi (Fiqih): 5. Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
5.1 Menjelaskan tatacara penyembelihan
hewan.
|
Penyembelihan hewan
|
1. Siswa mendengarkan
uraian guru tentang tatacara penyembelihan hewan.
|
Menjelaskan pengertian
penyembelihan hewan dan dasar hukumnya.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1.
Apa dasar hukum dilakukannya penyembelihan hewan?
|
2 x 40 menit
|
R,S,X
|
|
Menjelaskan tatacara penyembelihan
hewan yang baik dan benar.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1.
Jelaskan secara singkat tentang tata cara penyembelihan hewan yang benar
menurut hukum Islam!
|
||||||
Menunjukkan dalil naqli
terkait dengan penyembelihan hewan.
|
Penugasan
|
Proyek
|
1.
Carilah ayat-ayat al-Quran yang terkait dengan penyembelihan hewan lalu
tuliskan dalam buku kerja kalian!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )
|
||||||||
5.2
Menjelaskan ketentuan aqiqah dan qurban.
|
2. Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur
tentang ketentuan aqiqah dan qurban.
|
Menjelaskan pengertian
aqiqah dan qurban serta dasar hukumnya.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1. Apa yang dimaksud
dengan qurban?
|
2 x 40 menit
|
R,S,X
|
||
Menjelaskan
syarat-syarat aqiqah dan qurban.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1.
Sebutkan syara-syarat hewan untuk aqiqah dan qurban!
|
||||||
Menjelaskan perbedaan
antara aqiqah dan qurban.
|
Tes tulis
|
Essay
|
1.
Jelaskan perbedaan antara aqiqah dan qurban!
|
||||||
Menyebutkan dalil naqli
terkait dengan aqiqah dan qurban.
|
Penugasan
|
Pekerjaan rumah
|
1. Carilah ayat-ayat
al-Quran terkait
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )
|
||||||||
5.3 Memperagakan cara penyembelihan hewan
aqiqah dan qurban.
|
3. Siswa mengamati aktivitas penyembelihan hewan
di tempat (jagal) untuk mengetahui cara penyembelihan
hewan yang benar dan mampu memperagakan-nya.
|
Menjelaskan tatacara penyembelihan
hewan aqiqah dan qurban.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1.
Jelaskan tatacara penyembelihan hewan aqiqah dan qurban!
|
2 x 40 menit
|
R,S,X
|
||
Memperagakan
penyembelihan hewan aqiqah dan qurban di depan kelas.
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja
prosedur
|
1.
Peragakan cara penyembelihan hewan qurban dan aqiqah di hadapan teman-teman
kalian!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )
|
Mengetahui
Kepala
SMP 1 Lebakbarang
IPUNG SUNARYO, S.Pd
NIP:
197108191994121002
|
Lebak
Barang, 14 Juli
2014
Guru
Mata Pelajaran
ABROR, S.Pd.I
NIP:
197810312005011002
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP 1
Lebakbarang
Kelas : IX
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 1
Standar Kompetensi (Fiqih): 6. Memahami hukum Islam tentang haji dan umrah.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
6.1
Menyebutkan pengertian dan ketentuan haji dan umrah.
|
Haji dan umrah
|
1.
Membaca dan menelaah literatur fikih untuk memahami ketentuan yang benar
tentang haji dan umrah.
|
1. Menjelaskan pengertian
haji dan umrah serta dasar hukumnya.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Jelaskan apa yang
dimaksud dengan haji dan umrah!
|
2 x 40 menit
|
R,S,X
|
|
2.
Menjelaskan syarat-syarat haji dan umrah.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Sebutkan syarat-syarat
haji dan umrah!
|
||||||
3.
Menjelaskan rukun dan wajib haji serta perbedaan antara
keduanya.
|
Tes tulis
|
Essay
|
1. Jelaskan perbedaan
antara
|
||||||
4.
Menjelaskan rukun umrah.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1.
Jelaskan rukun-rukun umrah yang kalian ketahui!
|
||||||
5. Menjelaskan sunnah haji dan umrah.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1.
Sebutkan beberapa sunnah haji dan umrah!
|
||||||
6. Menjelaskan larangan-larangan
pada waktu melaksanakan ibadah haji dan umrah.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1.
Sebutkan dua macam larangan yang dilkukan pada waktu melaksanakan ibadah
haji!
|
||||||
7. Menunjukkan dalil naqli terkait dengan
ibadah haji dan umrah.
|
Penugasan
|
Pekerjaan rumah
|
1.
Carilah dalil naqli baik dari ayat-ayat al-Quran maupun hadits terkait dengan
ibadah haji dan umrah lalu tuliskan dalam buku kerja kalian!
|
||||||
8. Menjelaskan hikmah dan fungsi ibadah haji
dan umrah.
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
1.
Cobalah kalian lakukan identifikasi tentang hikmah dan fungsi ibadah haji dan
umrah terkait dengan perilaku kita sehari-hari!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )
|
||||||||
6.2 Memperagakan pelaksanaan ibadah
haji dan umrah.
|
2.
Siswa melakukan praktek manasik haji di halaman sekolah.
|
1.
Menjelaskan bentuk-bentuk pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1.
Pelaksanaan ibadah haji dengan mendahulukan umrah atas haji disebut...
a. haji tamattu’
b. haji qiran
c. haji ifrad
d. haji wada’
|
2 x 40 menit
|
R,S,X
|
||
2.
Menjelaskan tatacara pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1.
Jelaskan dengan singkat urutan-urutan pelaksanaan ibadah haji dan umrah!
|
||||||
3. Memperagakan pelaksanaan ibadah
haji dan umrah dengan melakukan manasik haji di sekolah.
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja
|
1.
Peragakan pelaksanaan tawaf yang benar lengkap dengan bacaannya!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP 1 Lebakbarang
Kelas : IX
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 1
Standar Kompetensi (Tarikh dan Kebudayaan Islam): 7. Memahami perkembangan Islam di Nusantara.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
7.1 Menceritakan sejarah masuknya Islam
di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.
|
Perkembangan Islam di Nusantara
|
1.
Membaca dan menelaah berbagai literatur sejarah tentang masuknya Islam di
Nusantara.
|
1.
Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui
perdagangan.
|
Tes lisan
|
Essay
|
1.
Ceritakan dengan singkat sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui
perdagangan!
|
2 x 40 menit
|
U,V,X
|
|
2.
Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui
hubungan sosial.
|
Tes tulis
|
Essay
|
1.
Jelaskan dengan singkat sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui hubungan
sosial!
|
||||||
3. Menceritakan sejarah
masuknya Islam di Nusantara melalui pendidikan dan pengajaran.
|
Tes tulis
|
Essay
|
1.
Jelaskan dengan singkat sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui
pendidikan dan perdagangan!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
Kebangsaan (cityzenship
)
|
||||||||
7.2 Menceritakan beberapa kerajaan Islam
di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.
|
2.
Siswa membaca dan mengkaji literatur sejarah sehingga dapat menceritakan beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.
|
1.
Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Jawa.
|
Kuis
|
Isian
|
1.
Dua di antara kerajaan Islam yang ada di Jawa pada masa lalu adalah ... dan ...
|
4 x 40 menit
|
U,V,X
|
||
2.
Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Sumatera.
|
Tes lisan
|
Essay
|
1.
Jelaskan bagaimana akhir pemerintahan kerajaan Samudera Pasai di Sumatera!
|
||||||
3.
Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Sulawesi.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1.
Sebutkan beberapa kerajaan Islam yang pernah berkembang di Sulawesi!
|
||||||
4. Menceritakan beberapa
kerajaan Islam di luar Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1.
Sebutkan beberapa kerajaan Islam yang pernah berkembang di luar Jawa,
Sumatera, dan Sulawesi!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( lovely )
Kebangsaan (cityzenship
)
|
Mengetahui
Kepala
SMP 1 Lebakbarang
IPUNG SUNARYO, S.Pd
NIP:
197108191994121002
|
Lebak
Barang, 14 Juli
2014
Guru
Mata Pelajaran
ABROR, S.Pd.I
NIP:
197810312005011002
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar